PROPOSAL USAHA
“NANO-NANO
FITNESS CENTER”
BAB
1
NAMA PERUSAHAAN : NANO NANO FITNESS CENTER
BIDANG USAHA : JASA
JENIS PRODUK / JASA : FITNESS / GYM
ALAMAT PERUSAHAAN : JL. PANDANARAN NO. 5, SEMARANG
PENDIRI PERUSAHAAN : 1) MUHAMMAD NAZARUDIN A.
(DIREKTUR UTAMA)
2) ARDIAN ADE P. (MANAGER)
BAB 2
I.
LATAR
BELAKANG
Dengan aktivitas yang semakin padat,
membuat banyak orang membutuhkan olahraga tambahan yang bermanfaat untuk
kesehatan tubuh. Gaya hidup sehat salah satunya
dapat diperoleh dengan melakukan olahraga teratur dan di era modern seperti
saat ini fitness dapat dijadikan salah satu alternatif olahraga, hal ini
dikarenakan fitness merupakan olahraga yang mengkombinasikan berbagai
aktivitas, yaitu latihan beban, cardio vascular, dan aktivitas aerobic serta
pengaturan pola makan sehat dan pola istirahat yang cukup.fitness adalah
Salah satu olahraga yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok untuk kebugaran
tubuh kita , dan sekaligus merupakan alat olahraga yang cukup istimewa.
Fitness
sudah menjadi gaya hidup bagi kaum urban. Oleh karena itu kebanyakan tempat
fitness atau gym menjadi kebutuhan. Saat ini semakin banyak masyarakat yang
sadar akan pentingnya berolahraga, tetapi masalahnya di lingkungan perkotaan
sangat kurang dijumpai sarana olahraga umum.
Hal inilah yang menjadikan peluang usaha
tempat fitness banyak dilirik oleh para pengusaha.Selain itu, minat masyarakat
pada fitness center menjadi semacam lifestyle. Fitness center seringkali
menjadi tempat pertemuan dan bersosialisasi masyarakat. Meski harga peralatan
fitness center, seperti threadmill atau mesin beban, semakin terjangkau untuk
konsumen rumah tangga, kebanyakan orang tetap lebih suka berolahraga di pusat
kebugaran karena ingin bersosialisasi dengan rekan-rekan mereka.
Keberadaan tempat Fitness sebagai salah satu tempat olahraga yang nyaman ,
nikmat, dan juga tempat memadai memang telah dikenal dari masa kemasa.,
sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha olahraga
fitness alternative.
II.
TUJUAN
1.
Memperkenalkan budaya
hidup sehat bagi
warga sekitar sehingga mengurangi resiko terkena penyakit.
2.
Menyediakan
tempat Fitnes dan aerobic
bagi mahasiswa dan masyarakat guna mendukung terciptanya
generasi yang sehat.
3.
Mencari keuntungan atau laba.
4.
Menarik minat konsumen untuk merasakan
olahraga alternative fitness.
III.
ALASAN
Alasan kami mendirikan usaha fitness “Nano Nano Fitness Centre”
:
1.
Kesempatan bidang
usaha lebih luas
2.
Meningkatkan
minat generasi muda dalam bidang
kesehatan serta Citra budaya sehat
3.
Memberikan dukungan terhadap kemajuan dalam
bidang kesehatan dan fashion Olahraga.
IV.
SASARAN USAHA
Berdasarkan
hasil Survey,lokasi mempunyai market tetap dari kalangan menengah kebawah. Tetapi
tidak menuntut kemungkinan dapat menarik market dari semua kalangan baik itu
menengah kebawah ataupun menengah keatas. Adapun sasaran usaha akan kita dapatkan
terdiri dari :
§ Para
penggemar fitness, olahragawan atau atlet
§ Para
Mahasiswa dan Pelajar SMA§ Para Pekerja Perkantoran ataupun Pekerja lainnya
§ Para Member Ship Tetap yang dibawa beberapa trainer rekanan baik member fitness atau aerobic
§ Para member tetap ataupun pengunjung.
BAB 3
I.
PROSPEK USAHA
Prospek usaha
kami rencanakan dalam jangka panjang. Yang akan kami lakukan
dalam jangka panjang :
1.
Menjadikan tempat fitness kita menjadi pusat fitness
terbaik di semarang
2.
Menjadikan tempat fitness kita menjadi pusat pelatihan
atlet – atlet Semarang
3.
Menjadikan tempat fitness kita menjadi pusat pembinaan
atlet muda
4.
Menambahkan alat fitness yang lebih modern dan canggih
II.
PRODUK USAHA
Produk
usaha ini adalah penyewaan tempat olah raga dengan menggunakan alat mekanik
yang dapat membentuk tubuh sesuai dengan keinginan.
Sehat
itu indah dan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu
banyak sekali manfaat serta keuntungan yang dapat diambil oleh masyarakat
dengan melakukan fitness sebagai pilihan olahraga untuk mendapatkan gaya hidup
sehat. Manfaat yang dapat kita dapatkan antara lain adalah:
§
Pembentukan
tubuh
Dengan melakukan
olahraga fitness tubuh akan terbentuk lebih proporsional, hal ini dikarenakan
fitness merupakan olahraga yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan
kualitas dan kuantitas otot dan pada saat yang sama menurunkan kadar lemak
dalam tubuh.
§
Membantu
menjaga kesehatan
Dengan melakukan
olahraga fitness akan membantu menjaga kesehatan dan menguatkan organ tubuh
vital seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan sampai pada proses sirkulasi
darah dalam peredaran darah dalam tubuh.
Hal ini dikarenakan fitness jugs merupakan aktivitas cardio vascular atau aerobic yang menggunakan banyak oksigen sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lancar yang pads akhirnya kinerja organ vital dapat terjaga dengan baik.
Hal ini dikarenakan fitness jugs merupakan aktivitas cardio vascular atau aerobic yang menggunakan banyak oksigen sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lancar yang pads akhirnya kinerja organ vital dapat terjaga dengan baik.
§
Membantu
mengurangi stress
Untuk sebagian
masyarakat yang terjebak pada rutinitas yang padat, fitness dapat dijadikan
sebagai sarana untuk mengurangi stress.
§
Sebagai
peluang bisnis
Gym dan fitness center
sebagai salah satu sarana untuk melakukan olahraga fitness adalah sebuah
komunitas yang di dalamnya berkumpul orang-orang dari berbagai kalangan, baik
usia, status sosial, dan budaya. Hal ini dapat menciptakan suatu interaksi
antara mereka sehingga dapat memberikan suatu peluang bisnis diantara mereka.
III.
ANALISA PERSAINGAN
Dari segi lokasi yang kami
pilih untuk membuka usaha fitness, kami memiliki saingan yang terlebih dahulu
membuka usaha di lokasi tersebut. Dalam menganalisa persaingan kami memliki
strategi strategi yang dapat menarik minat konsumen :
§
melakukan Free Training Program.
§
melakukan promosi dengan cara
membuat brosur
§
Menyediakan jasa Personal
Trainer
IV.
SEGMENTASI PASAR
Segmentasi
pasar usaha ini adalah
§
Olahragawan atau atlet
§
Pelajar atau mahasiswa
§
Kalangan umum
BAB 4
I.
PERLENGKAPAN
1)
Home gym 1 station : 2 unit
2)
Papan sit up : 4 unit
3)
Banch press : 2 unit
4)
Power Cycle : 2 unit
5)
Treadmill manual : 3 unit
6)
Body rider : 3 unit
7)
Orbitrack duduk : 2 unit
8)
Instruktur
Fitness : 2 orang
9)
Barbell
·
Set 1 kg dan Set 2,5 kg : 8 unit
·
Set 5 dan Set 10 Kg :
10 unit
·
Set 20 Kg : 8 unit
·
Total :
338 Kg
II.
JASA
1.
Kami menyediakan 2 instruktur Aerobik bagi
konsumen yang ingin mendapatkan pelatihan
2.
Lokasi kami mempunyai parkir yang cukup
luas
3.
Menyediakan personal trainer
BAB 5
I.
Strategi Pemasaran
Pelaksanaan strategi
pemasaran akan dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
1)
Pada tahap awal pembukaan
fitness center, kami akan melakukan Free Training Program. Maksudnya yaitu
progam latihan gratis bagi siapa saja yang datang untuk berlatih tanpa
dikenakan biaya apapun selama satu minggu pertama sebagai suatu bentuk promosi.
2)
Disamping itu kami juga akan
melakukan promosi dengan cara membuat brosur yang akan kami sebar ke
kampus-kampus yang berada disekitar lokasi, spanduk, dan papan nama.
3)
Menyediakan jasa Personal
Trainer untuk melatih member secara personal. Hal ini dimaksudkan agar secara
tidak langsung personal trainer juga aktif untuk melakukan perekrutan member
yang pada akhirnya juga berdampak pada profit.
4)
Menyediakan kelas Aerobik.
Menyedikan fasilitas paket member untuk jangka waktu satu bulan tiga bulan,
enam bulan, dan satu tahun serta incidental.
5)
Memberikan latihan gratis kepada
member yang merekomendasikan minimal lima orang selama member yang
direkomendasikannya aktif menjadi member.
6)
Mengadakan Event setiap satu
tahun dengan melibatkan semua anggota member sehingga dapat mempererat hubungan
antara member dan pengelola.
7)
Mengadakan Event untuk menarik minat
masyarakat untuk hidup sehat dan
pentingnya berolahraga.
8)
Memberikan tawaran paket hemat untuk
penyewaan tempat fitness dan aerobik.
9)
Mengikuti serta menseponsori
pameran - pameran olahraga
II.
IKLAN
1.
Membuat brosur
2.
Mengiklankan lewat online
3.
Mengiklankan lewat MMT
III.
STRUKTUR ORGANISASI
RESIKO USAHA :
1.
Konsumen pindah ke tempat lain yang
mempunyai fasilitas lebih lengkap
2.
Kurangnya instruktur jika konsumn ingin
melakukan personal trainer
BAB 7
I.
APENDIKS
SIUP
§ NAMA
PERUSAHAAN : NANO NANO
FITNESS CENTER
§ MERK
(MILIK SENDIRI/LISENSI) : -
§ ALAMAT
PERUSAHAAN : JL. TLOGOSARI RAYA
NO. 13, SEMARANG
§ NAMA
PEMILIK :
1.
. ARDIAN ADE P.
2.
M. NAZARUDIN A.
§ NILAI
MODAL :
1.
KEKAYAAN BERSIH : Rp. 45.000.000,-
2.
PINJAMAN : Rp.
30.000.000,-
§ KEGIATAN
USAHA : TEMPAT
PENYEWAAN FITRNESS / GYM
§ BIDANG
USAHA : JASA
SIUP diterbitkan dengan
ketentuan
1. Berlaku
untuk menjalankan kegiatan usaha fitness di kota Semarang
2. Perusahaan
wajib menjalankan usaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang sudah
diatur.
Dikeluarkan
di : Semarang
Pada
Tanggal : 16 MEI 2013
PENUTUP
Demikian proposal pendirian
usaha Fitness Center ini kami buat dengan harapan dapat dijadikan sebagai
landasan dan acuan bagi pembaca untuk mau dan ikut bekerja sama dengan kami
dalam usaha pendirian fitness center ini.
Terima kasih kami ucapkan kepada
semua pihak yang telah membantu kami dalam
menyelesaikan proposal ini, baik secara materi, moril, maupun spiritual.Tentunya kami sadar bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, terlepas dari apa yang telah kami lakukan. Oleh karena itu kami mohon maaf atas kekurangan yang ada. Segala kritik dan saran yang kami terima adalah ungkapan perhatian yang harus kami terima untuk kemajuan bersama dan sebagai motivasi bagi kami untuk memberikan yang terbaik. Kami yakin segala yang diawali dengan niat yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Kami berharap apa yang kami tawarkan dapat diterima dan dapat tercipta suatu kerja sama yang baik diantara kita.
menyelesaikan proposal ini, baik secara materi, moril, maupun spiritual.Tentunya kami sadar bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, terlepas dari apa yang telah kami lakukan. Oleh karena itu kami mohon maaf atas kekurangan yang ada. Segala kritik dan saran yang kami terima adalah ungkapan perhatian yang harus kami terima untuk kemajuan bersama dan sebagai motivasi bagi kami untuk memberikan yang terbaik. Kami yakin segala yang diawali dengan niat yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Kami berharap apa yang kami tawarkan dapat diterima dan dapat tercipta suatu kerja sama yang baik diantara kita.
Siang gan...saya mau menawarkan kerja sama, kebetulan saya ada lokasi di daerah jl.jendr sudirman, pinggir jalan utama.parkir luas, barangkali berminat, lokasi dan tempat saya ini bisa di pakai unt mengembangkan usaha di bidang olah raga khususnya tempat fitness (gym), apabila berkenan silahkan di cek lokasi dan bisa hub saya di pin BlackBerry 2BAA1302 atau line kris344, terimakasih sebelumnya.
BalasHapusSiang gan...saya mau menawarkan kerja sama, kebetulan saya ada lokasi di daerah jl.jendr sudirman, pinggir jalan utama.parkir luas, barangkali berminat, lokasi dan tempat saya ini bisa di pakai unt mengembangkan usaha di bidang olah raga khususnya tempat fitness (gym), apabila berkenan silahkan di cek lokasi dan bisa hub saya di pin BlackBerry 2BAA1302 atau line kris344, terimakasih sebelumnya.
BalasHapus